translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

05/06/11

Tipe Data

Tipe data varchar berbeda dengan char. Perbedaan tipe data varchar dan char terletak pada alokasi memori dalam menampung krakter. Tipe data char(75) akan menyediakan ruang sebnyak 75 karakter (misalnya berukuran 8 byte) meskipun jumlah karakter yang diinputkan hanya 12 krakter. Sementara itu, varchar(75)akan menyesuaikan ukuran berdasarkan jumlah karakter yang diinputkan, misalnya jika jumlah karakter yangdiinputkan hanya 12 karakter, ukuran data yang bisa direduksi hingga misalnya 3 byte. Itulah sebabnya penggunaan tipe data varchar lebih baik dan lebih popular dibandingkan dengan penggunaan tipe data char.

Ketika anda memilih sebuah tipe data untuk kolom tertentu pada table, pertimbangkan faktor daya tampung tipe data tersebut. Apabila anda memberikan tipe data varchar ataupun char dengan ukuran 75 karakter  tetapi ternyata data yang ingin disimpan dalam kolom tersebut melebihi jumlah quota, maka data tersebut akan terpotong. Data tersebut akan ditampilkan sebanyak 75 karakter meskipun sebenarnya berjumlah (misalnya) 98 karakter. Phpmyadmin akan memberi peringatan pada anda jika hal semacam ini terjadi. Untuk mengantisipasi hal semacam ini ada baiknya anda memberikan ukuran ekstra , misalnya memberi tipe data varchar(100) untuk field nama lengkap.
Tipe data teks terbagi atas 4(empat) macam, yaitu TINYTEXT yang dapat menampung hingga 255 karakter, TEXT yang dapat menampung hingga 65.535 karakter, MEDIUMTEXT yang dapat menampung hingga 16.777.215 karakter, dan LONGTEXT yang dapat menampung hingga 4.294.967.295 karakter. Jangan menggunakan tipe data LONGTEXT hanya semata mata karena tipe data ini memiliki daya tampung yang besar. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar