translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

05/06/11

Apa Komputer itu

Halo,, mungkin yang bagi anda yang sudah menggunakan komputer tapi belum tahu teori mengenai apa sih komputer itu?? Bisa apa aja sih komputer itu? Dan perangkat apa saja yang ada di komputer itu?? Nah, disini kita akan membahas tentang komputer, dan perangkata-perangkat lainnya yang di butuhkan komputer, {saya dapatkan artikel ini dari, Agus Iskandar, teknologi informasi dan komunikasi}!

Apakah Komputer itu???
     Saat ini hampir setiap orang mengenal komputer mulai dari anak-anak hingga orang tua. Apakah kamu juga mengenal komputer? Jika kamu perhatikan ada orang yang menggunakan komputer untuk mengetik, mengolah data, menonton film, mendengarkan lagu, atau bahkan bermain games. Barang temuan hasil
teknologi canggih ini telah memadukan berbagai keperluan yang semula membutuhkan banyak peralatan, kini hanya kita butuhkan dengan satu alat saja yaitu komputer. Oleh karena itu, komputer menjadi alat multimedia, dimana dengan alat tersebut, kita dapat melakukan berbagai hal seperti yang disebutkan di atas.
      Menurut Kamus Besar Indonesia, Komputer adalah alat elektronis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan dan memberikan hasil pengolahan, biasanya terdiri dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
      Sebuah komputer terdiri dari beberapa bagian. Masing-masing bagian memegang peranan yang sangat penting dan memiliki fungsi, di antaranya:
1.       Keyboard
2.       Mouse
3.       Monitor
4.       CPU
Perlengkapan lainnya adalah
1.       Printer
2.       Stabilisher
3.       UPS
4.       Scanner
5.       Dll.

A.      KEYBOARD
Keyboard adalah alat yang digunakan untuk memasukan data pada komputer. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf, angka, tanda baca, dan tombol-tombol fungsi lainnya. Tombol angka, huruf, dan tanda baca beserta tombol lainnya disusun seperti mesin ketik. Hal ini akan memudahkan operator dalam melakukan pengetikan atau input data.
1.       Fungsi Tombol Keyboard
      Telah dijelaskan sebelumnya bahwa keyboard berfungsi untuk memasukan data pada komputer. Pada keyboard terdapat banyak tombol. Tombol-tombol tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu:
a.       Kelompok tombol mesin tik
         Kelompok tombol mesin tik pada keyboard hampir sama dengan tombol mesin tik biasa. Jadi tombol-tombol ini ada pada mesin til.
b.      Kelompok tombol numeric
        Kelompok tombol numeric  adalah kelompok tombol berupa angka. Tombol ini digunakan untuk mengetik data berupa angka-angka. Untuk mengetik angka-angka, sebelumnya kita harus menekan tombol Numlock. Jika kita telah menekan tombol numlock, lampu yang terdapat di atasnya akan menyala. Saat itu, kita siap mengetik angka. Jika kita tidak menekan tombol numlock terlebih dahulu, tombol-tombol angka itu akan berfungsi lain, yaitu; Home, panah atas, Pg up, panah samping kiri, panah samping kanan, End, panah bawah, dan Pg dn.
c.       Kelompok tombol anak panah
      Kelompok tombol anak panah ditandai dengan adanya tanda panah yaitu ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan.
d.      Kelomopok tombol fungsi
      Tombol fungsi berguna untuk melakukan perintah dalam program tertentu. Sebagai contoh dalam program Microsoft word:
Tombol fungsi F5 berfungsi untuk membuka fasilitas Fin and Replace.
Tombol fungsi F7 berfungsi untuk membuka fasilitas Spelling and Grammar.
2.       Jenis Keyboard
        Dalam perkembangannya teknologi komputer, keyboard pun mengalami perkembangan. Jika kita mengenal generasi komputer seperti Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan seterusnya, keyboard yang kita gunakan tentu berbeda. Perbedaan dimulai dari Pentium I, keyboard yang digunakan berbeda dengan keyboard yang digunakan untuk Pentium II, III, IV, dan seterusnya. Perbedaan terletak pada socketnya. Socket yang digunakan untuk Pentium I biasanya menggunakan jenis serial. Sementara itu, socket yang digunakan untuk Pentium II, ke atas berjenis PS2. Ada pula keyboard yang menggunakan USB (Universal Serial Bus).

B.     Mouse
Dalam bahas Indonesia mouse berarti tikus. Pada sebuah komputer, mouse merupakan bagian yang sangat penting. Sesuai dengan namanya, mouse berbentuk seperti tikus. Mouse merupakan alat yang dilengkapi dengan dua hingga tiga buah tomol yang dihubungkan dengan komputer.
Mouse sangat berguna dalam berbagai program. Jika mouse digeser, sebuah tanda akan mengarah sesuai dengan yang kita kehendaki. Mouse akan memudahkan kita dalam melakukan sebuah panggilan terhadap perintah yang kita kehendaki. Kedua buah tombol di kiri dan kanannya akan berfungsi banyak untuk memperoses perintah yang kita inginkan. Pada program Microsoft Word, rol yang terletak di tengah ke dua tombol itu akan memudahkan kita menggeser halaman.
Dalam perkembangannya, mouse kini terdiri dari tiga jenis. Ada mouse yang menggunakan bola, ada mouse yang menggunakan optic (optical mouse), dan ada pula mouse yang menggunakan laser.
Sama halnya dengan keyboard jenis mouse untuk Pentium I berbeda dengan jenis mouse untuk Pentium II ke atas. Mouse untuk Pentium I menggunakan socket serial. Sementara mouse untuk Pentium II ke atas menggunakan socket PS2.

C.     MONITOR
Monitor berbentuk seperti pesawat televise. Fungsinya pun hampir sama dengan televisi. Pada sebuah komputer, monitor berfungsi untuk menampilkan gambar atau informasi yang telah di olah dalam komputer. Dengan demikian, keberadaan monitor sangat penting dalam penggunaan seperangkat komputer.
Dari segi ukuran, monitor terdiri dari beberapa ukuran. Diantaranya berukuran 14 inchi, 15 inchi, 17 inchi, 21 inchi dan seterusnya. Ukuran monitor yang  kita gunakan sebaiknya disesuaikan dengan penggunanya.
dari segi kualitas gambar, monitor dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.       Monitor VGA (Video Graphic Adapter)
Monitor jenis ini memiliki resolusi 640 x 480 pixels.
2.       Monitor SVGA (Super Video Graphic Adapter)
Monitor jenis ini memiliki resolusi 800 x 600 pixels.
3.       Monitor XGA (Extended Graphic Adapter)
Monior jenis ini memiliki kapasitas resolusi 1024 x 768 pixels.
D.     CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)
Central processing unit adalah bagian vital dari komputer. Bagian ini merupakan otak dari komputer. CPU merupakan pengontrol lalu lintas data. Kemudian, CPU juga merupakan pengendali berbagai perangkat keras seperti: monitor, printer, mouse, dan keyboard.
Beberapa bagian CPU, diantaranya:
1.       Tombol power.
2.       Tombol reset.
3.       Disk drive
4.       CD Rom.
5.       Casing.
        Selain yang terlihat dari luar, pada bagian dalam terdapat bagian-bagian yang sangat penting seperti:
1.       Motherboard.
2.       Hard Disk.
3.       Power Supply.
4.       RAM.
5.       Processor.

1.       Casing
Casing adalah pembungkus perangkat keras. Casing berfungsi untuk melindungi beberapa perangkat keras dari pengaruh luar.
                Casing terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
a.       Desktop
Casing jenis desktop terdiri dari dua macam, yaitu; slim dan standard.
b.      Tower
Casing jenis tower terdiri dari dua jenis, yaitu; mini/middle dan full.

2.       Motherboard
Motherboard adalah sirkuit yang mengendalikan berbagai perangkat di dalam CPU. Motherboard berfungsi sebagai berikut:
a.       Mengatur lalu lintas data baik iniput device maupun output device.
b.      Menjalankan berbagai perintah sesuai dengan program
c.       Melaksanakan perhitungan matematik.
Motherboard adalah tempat menempelnya berbagai perangkat seperti processor, memori, kartu gambar(VGA card), kartu suara (Sound card), dan sebagainya.
3.       Processor
Komponen utama dalam sebuah motherboard adalah processor yang berfungsi sebagai “otak” dari komoputer. Semakin besar kapasitas kerja sebuah processor, semakin cepat pula kemampuan kerja komputer tersebut .
4.       Memory
Memory adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data instruksi. Besarnya memory memungkinkan untuk mengolah instuksi dan data. Memory terdiri dari beberapa jenis, yaitu; Edoram, SD Ram dan DDR Ram.
5.       Kartu suara
Kartu suara berfungsi untuk output suara menuju speaker. Dengan demikian, komputer dapat menghasilkan suara lagu, dan lain-lain.
6.       Kartu Gambar (VGA card)
Kartu gambar berfungsi sebagai output gambar. Output dari kartu gambar ini akan menuju ke monitor. Sehingga akan dihasilkan gambar baik berupa program maupun film.
7.       Modem
Modem adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dalam jaringan internet. Adanya modem membuat komputer kita mampu untuk memasuki jaringan internet.
                Modem terdiri dari 2 jenis, yaitu:
a.       Modem internal
Modem internal adalah modem yang di letakkan di dalam CPU. Bentuknya menyerupai sound card.
b.      Modem eksternal
Modem eksternal adalah modem yang di letakkan di luar CPU.
8.       Power Supply
Power supply adalah bagian yang mampu mengubah tegangan AC yang berasal dari jaringan listrik PLN menjadi tegangan arus searah DC. Arus tegangan DC ini diperlukan untuk mensupply tegangan yang akan dipergunakan oleh komputer. Semakin besar kapasitas Power supply, semakin baik pula kemampuan kerja komputer.
Kapasitas Power supply yang saat ini banyak di gunakan dalam perangkat komputer berukuran 300-450 watt.
Power supply terdiri dari dua jenis, yaitu:
1.       Power supply AT konektornya terdiri dari 12 pin
2.       Power supply ATX konektornya terdiri dari 20 pin
Power supply AT digunakan untuk casing jenis AT. Sementara itu, power supply jenis ATX digunakan untuk casing dengan jenis ATX. Perbedaannya adalah pada power supply AT shutdowm program harus menekan tombol power. Sementara itu pada casing ATX shutdown program akan memtikan komputer secara otomatis tanpa harus menekan tombol.
9.       Hard Disk
Hard disk adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data dalam jumlah yang besar. Pada komputer jenis XT, hard disk yang di gunakan umumunya berkapasitas kecil yaitu sekitar 40 Megabyte. Sekarang ini, pada komputer jenis PC/AT telah diciptakan hard disk dengan kemampuan menyimpan data yang sangat besar, yaitu mulai dari 10 Gigabyte hingga ratusan Gigabyte.
Dalam memilih hard disk, sebaiknya pilihan tidak hanya memperhitungkan kemampuan menyimpan data. Akan tetapi, kecepatan membaca data pun harus diperhatikan. Kecepatan sebuah hard disk dalam membaca ada yang berkekuatan 5200 rpm dan 7200 rpm, malah sekarang ada yang lebih cepat.
10.   CD Rom (CD R)
CD Rom berfungsi untuk membaca CD, baik CD program, data, lagu, film dan Game. CD Rom memiliki kecepatan membaca yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh kapasitasnya. Kemampuan CD Rom dalam membaca ada yang berukuran 4x, 8x, 12x, 24x, 48x, 56x.
11.   CD Writer (CD RW)
Dulu waktu munculnya CD Wirter (CD RW) merupakan suatu hal yang menggembirakan. Hal ini mengingat kebutuhan mentransfer data dengan ukuran yang sangat besar mengalami kesuitan karena tidak adanya media penyimpan data yang mudah dibawa-bawa. Dengan adanya CD RW kita tidak lagi mengalami kendala itu. CD RW dengan menggunakan CD kosong dapat menampung data sebesar 700 Megabyte.
Dengan menggunakan program tertentu CD RW mampu bekerja menyimpan data di dalam sebuah CD. Kita dapat menyimpan data dari hard disk ke CD ataupun menggandakan CD/ dari CD ke CD.
12.   Flash Disk
Flash Disk berfungsi untuk menyimpan data. Perbedaan antara flash disk dan hard disk adalah flash disk merupakan perangkat eksternal. Dengan demikian,kita dapat dengan mudah membawa data dalam ukuran yang cukup besar tanpa resiko kerusakan. Dengan ukurannya yang kecil dan praktis kita dapat membawanya dikantung baju/celana dan di gantungkan di leher kita.
Flash disk terdiri dari beberapa ukuran, yaitu 1Gb, 2 Gb, dan lainnya.
E.     PRINTER
Komputer digunakan salah satunya untuk membuat data dan menyimpannya. Untuk mencetak data yang ada di dalam komputer digunakan printer. Printer terdiri dari beberapa jenis, yaitu; dot matrik printer, inkjet printer, dan laserjet printer.
Dot matrik printer adalah printer yang bekerja menggunakan pita karbon. Inkjet printer adalah printer yang bekerja menggunakan tinta. Laserjet printer adalah printer yang bekerja menggunakan serbuk karbon. Dari segi kualitas cetak, laserjet printer lebih unggul dibandingkan dengan jenis printer lainnya.
F.      SCANNER
Scanner adalah perangkat yang berfungsi untuk mengkopi gambar atau teks dari luar komputer menjadi file di dalam komputer. Scanner dihubungkan ke dalam komputer melalui perangkat USB.
Kita harus memilih scanner yang baik. Bagaimana cara memilih scanner yang baik? Untuk memilih scanner yang baik tentunya adalah scanner yang mampu mengkopi gambar atau teks secara cepat. Kemampuan scanner membaca gambar dengan resolusi yang tinggi akan menghasilkan kualitas gambar yang baik pula.
G.    STABILISHER
Stabilisher adalah perangkat pelengkap komputer. Tanpa stabilisher komoputer masih dapat di aktifkan. Namun, terkadang sering terjadi penurunan dan penaikan tegangan listrik. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada komputer. Bahkan,komputer tidak dapat menyala saat tegangan listrik sedang menurun.
Disinilah fungsi stabilisher. Stabilisher berfungsi untuk mensupply tegangan secara tetap saat terjadi penurunan dan penaikan tegangan.
H.    UPS
UPS (Uninteruptible Power System) memiliki fungsi seperti stabilisher. Bahkan, UPS memiliki kelebihan lainnya. UPS mampu menyimpan arus listrik. Dengan demikian, UPS sangat berguna dalam pemakaian komputer.
Bayangkan apabila kita sedang asik-asiknya menggunakan komputer tiba-tiba listrik padam. Tentunya kita akan BT apalagi bila sedang ngerjain tugas kita akan kehilangan pekerjaan yang belum di simpan dalam komputer. Itu akan merugikan pemakai komputer.
Dengan adanya UPS kejadian tersebut dapat diatasi. Saat listrik padam, komputer tetap bekerja dengan listrik dari UPS. Dengan demikian, kita masih memiliki waktu untuk mengamankan file dan menutup program hingga komputer aman untuk dimatikan.

Sumber:
        Agus Iskandar 2004, Teknologi informasi dan komunikasi, CV Reggina, JABAR.




Search Engine Submission - AddMe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar