translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

05/06/11

Komunikasi data

                Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti Internet.
                Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Data tersebut harus melalui satu komputer ke komputer yang lain, dari satu jaringan ke jaringan yang lain, sampai akhirnya mencapai komputer yang dituju. Data tersebut melainkan harus melalui jaringan komputer ditempat kita lalu dikirimkan ke komputer ISP.

                Ketika kita mengirimkan data, sama halnya ketika kita mengirimkan surat/paket, maka kita juga tidak ingin data yang kita kirimkan sampai ke komputer yang salah. Selain masalah alamat dan orang yang dituju, ketika kita mengirimkan surat atau paket, kita tidak ingin surat atau paket yang dikirmkan rusak ditengah jalan, demikian juga dengan pengiriman data-data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirmkan dalam bentuk paket-paket data, kita tidak ingin paket/jaringan tersebut rusak di tengah jalan, karenanya sebelum dikirmkan melalui jaringan maka paket tersebut dibungkus terlebih dulu.
                Dalam komunikasi data komputer menggunakan protocol protocol komunikasi data, salah satu protocol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menengani komunikasi data dalam yang luas adalah TCP/IP (transfer control protocol/internet protocol). TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengkomunikasikan dua buah komoputer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan.
                Kumpulan protocol yang ada di TCP/IP masing masing protocol sebagai berikut:
·         Application layer
·         Transport layer
·         Internal layer
·         Network interface layer
Keamanan data
Dalam jaringan kita harus menyadari bahwa transaksi yang kita lakukan  adalah di internet, jadi kita harus berhati hati pada Hacking cracking, Hacking adalah usaha yang memasuki jaringan dengan maksud mengeplorasikan ataupun mencari kelemahan system jaringan secara illegal.
Ada beberapa metode/cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain sebagai berikut.
- Spoofing            - Sniffer                                - Destructive devices
- Scanner              - Password Cracker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar