translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

05/06/11

Apa itu Jaringan Komputer???

                 Peranan Komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin terasa, berbagai kegiatan bisnis diberbagai bidang dilakukan dengan bantuan komputer karena kebutuhan pengolahan data-data dan informasi, maka dalam sebuah organisasi bisnis kadang-kadang dibutuhkan  lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim, Untuk kelancaran dan efisiensi, komputer-komputer tersebut kemudian dihubungkan satu sama lain. Kumpulan komputer yang terhubung satu sama yang lainnya di sebut dengan jaringan komputer.
                Beberapa manfaat yang dapat di peroleh dari adanya jaringan komputer, antara lain sebagai berikut:

1.       Berbagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada, sumber daya tersebut banyak, berupa perlengakapan komputer seperti Printer maupun sumber daya berupa data-data, file-file dan program-program dengan adanya jaringan komputer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.
2.       Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan misalnya, printer, dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan dengan demikian jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
3.       Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan/organisasi misalnya ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya, pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

A.    Jenis-jenis Jaringan
Local Area Network (LAN)
       Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran, umumnya LAN digunakan untuk menghubungkan komputer komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor tersebut, komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat di kantor tersebut.
       LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik dapat menggunakan sumber daya (missal Printer) secara bersama-sama selain itu LAN juga memungkinkan komputer-komputer dapat saling berkomunikasi dan saling bertukar an informasi.
        Komputer yang terhubung dalam satu LAN kebanyakan hanya berjarak beberapa puluh meter.
Metropolitan Area Network (MAN)
                MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar umumnya MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor.
                Hal ini dibuat untuk berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalnya saja, kantor dinas dapat berbagi data dengan kantor dinas Pertahanan, MAN dapat dimanfaatkan oleh pemerintah maupun swasta.
Wide Area Network (WAN)
                WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas, dari segi geografis WAN dapat saja mencakup beberapa Negara yang terletak di berbagai belahan dunia.
Internet
                Internet juga merupakan sebuah jaringan komputer, internet merupakan jaringan yang besar yang mencakup seluruh dunia.
                Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN, yang ada diseluruh dunia untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut ke dalam sebuah internet yang sangat besar, maka dibangun jaringan kabel optic yang menghubungkan satu benua dengan benua yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar